Seorang Wanita Pelacur Di Jalur Yoga

Gandaki adalah seorang Veshya (pelacur) di negara Magadha, Dia adalah yang paling cantik dari semua Veshya. Dia mendapatkan banyak kekayaan.

Suatu hari dia pergi ke Satsanga seorang bhikkhu, Swami Brahmanandaji. Swami Brahmanandji digunakan untuk ceramah tentang topik spiritual setiap malam di kuil Wisnu setempat. Pada hari Gandaki pergi ke Satsanga, Swamiji sedang berdiskusi tentang masalah Shree Dharma dengan referensi khusus ke Pativrata Dharma. Gandaki sangat terkesan dengan ceramah Mahatma. Dia bertobat dan menangis dengan sedihnya. Sekembalinya ke rumah, dia tidak bisa tidur sedikitpun. Dia berpikir, "Saya seorang wanita jahat. Saya hidup dengan menjual kesucian saya. Saya akan jatuh ke neraka terbesar; Siapa yang bisa menyelamatkan saya sekarang? Saya telah menyia-nyiakan hidup saya. Saya tidak lebih baik dari binatang buas. Siapa yang bisa lebih bodoh dari saya untuk menyia-nyiakan hidup yang berharga dengan cara yang buruk ini? '

Keesokan harinya Gandaki mendekati Swamiji basah dengan Bhakti dan penuh dengan Bhava. Dia berkata, "Wahai Swamiji! Engkau adalah satu-satunya tempat berlindung saya. Saya adalah yang terburuk dari semua orang berdosa yang telah membuat saya terkesan dengan ceramah Anda tadi malam. Saya memiliki kehidupan batin yang baru sekarang. Dengan baik hati bawalah saya ke kehidupan yang lebih mulia. Tidak ada akhiri dosa yang dilakukan oleh saya. Apakah ada harapan untuk penebusan saya? Dapatkah saya juga menjadi Pativrata dengan mengikuti posisi saya dalam kehidupan? Tolong beri saya pencerahan. Saya akan melakukan seperti yang diperintahkan oleh Anda. Saya akan dengan ketat mengikuti semua instruksi Anda. "

Swami Brahmanandji berkata, "O Gandaki, jangan khawatir. Jangan menangis. Ada harapan untukmu juga. Bahkan seorang Veshya sepertimu bisa menjadi Pativrata sejati. Ikuti instruksi saya dengan seksama. Terima orang pertama yang memanggil di pintu Anda dengan sebuah hari tertentu sebagai suamimu. Layani dia dengan penuh pengabdian dan iman. Pikirkan bahwa Tuhan sendiri telah datang dalam wujudnya untuk memberkatimu. Sembahlah dia dan layani dia dengan sepenuh hati. Lihat Dewa Wisnu dalam wujud manusia Patimu. Jangan merawat kecantikannya atau tawaran kekayaan yang tinggi. Bahkan jika pelamar lain menawarkan lacs dan crores Anda tidak boleh menerimanya. Sajikan orang pertama yang datang ke pintu Anda. "

Gandaki menerima instruksi itu ke dalam hati dan pulang ke rumah setelah melakukan sujud di hadapan Swamiji yang dihormati. Dia mempraktikkan semua instruksi Swamiji dengan ketat dan mengikuti Pativrata Dharma.

Suatu kali sebuah diskusi terjadi di Vaikunta Loka tentang siapa yang paling berbakti dari semua wanita dan yang secara ketat mengikuti Dharma Pativrata. Banyak nama yang disebutkan tetapi tidak ada kesimpulan pasti yang tiba di konferensi. Sementara itu Rishi Narada dan Durvasa masuk. Para Rishi dihormati oleh majelis. Narada menerima keramahtamahan yang baik dan bertanya pada Dewa Wisnu tentang masalah ini. Setelah penjelasan yang matang, Rishi Narada berkata, "Tidak ada yang bisa menyamai Gandaki dalam Pativrata Dharma. Gandaki adalah seorang Veshya dari Magadha. Sekarang dia mengungguli semua yang lain dalam praktik Pativrata Dharma." Seluruh majelis para Deva terpesona pada wahyu Narada yang sangat aneh ini. Mereka semua memutuskan untuk menguji Gandaki. Narada menjelaskan sepenuhnya prinsipnya dan Dewa Wisnu setuju untuk pergi dan mengujinya.

Dewa Wisnu mengambil bentuk penderita kusta dan memanggil rumah Gandaki. Dia menanggapi panggilan itu dan keluar-masuk hanya untuk melihat penderita kusta yang tampak jelek dengan luka berdarah di sekujur tubuhnya. Dia menanyakan tujuan kunjungannya ke rumahnya. Si kusta berkata, "Hari ini aku ingin tinggal bersamamu. Aku telah banyak mendengar pengabdianmu pada Pati dan dengan itu kau menganggapku sebagai Pati (suamimu) untuk hari ini."

Gandaki menerima tawaran itu dengan sukarela. Dia berkata, "Ya Tuhan! Engkau menghiasi rumahku hari ini dan memberkati aku. Sungguh kau Patidevata-ku. Aku akan melayanimu dengan baik." Dia memimpin penderita kusta ke apartemennya, mencuci luka-lukanya dan berpakaian kemudian setelah mandi ke seluruh tubuh. Dia mendandaninya dengan kostum yang kaya. Dia menyiapkan makanan yang paling lezat dan memberinya makan dengan mewah. Dia menari dan menyanyikan lagu-lagu yang sangat devosional. Suaminya sangat senang. Dia membawa penderita kusta ke kamar yang didekorasi dengan baik, dihiasi dengan bunga, tirai, dan gambar terbaik. Ada bunga harum. Agarbattis dan parfum, dan seluruh ruangan diterangi di semua sisi oleh lampu yang diberi makan ghee. Dia mengurapi dia dengan aroma dan menghiasi dia dengan karangan bunga. Dia kemudian membuatnya tidur di tempat tidur sutra.

Karena makan berlebihan, penderita kusta mulai menderita pembersihan parah dan seluruh tempat tidur ternoda oleh gerakannya. Gandaki melepas semua pakaiannya, mencuci, berpakaian baru dan membuatnya duduk di atas bantal yang bersih. Sekali lagi Patidevata mulai membersihkan. Sekali lagi Gandaki mencuci pakaian, mengeluarkan semua kotoran dan membuatnya duduk di tempat yang bersih. Dengan cara ini dia menghabiskan sepanjang malam dalam mengganti pakaian dan membersihkan kotoran, seseorang melakukan semua Seva dengan ketenangan mutlak, tanpa sedikit pun ketidaksenangan, ketidaktahuan atau Ghrina. Dia menunjukkan kekuatan kesabaran yang luar biasa dari pengabdian kepada Pati.

Pagi-pagi keesokan paginya, suami yang malang itu menghembuskan napas terakhir, karena tidak tahan dengan efek pembersihan malam Gandaki, menangis dengan sedih. Berita itu menyebar ke mana-mana. Mayat itu mengeluarkan bau busuk, begitu banyak sehingga tidak ada yang berani mendekatinya. Sangat ganas untuk dilihat, seperti hantu atau devi, Gandaki sendiri menghadiri upacara pemakaman suaminya. Dia menyiapkan pembakaran kayu di depan rumahnya dan meletakkan mayat di atas kayu bakar. Sesuai dengan sumpah Pativrata Dharma, dia memutuskan untuk menyerahkan tubuhnya ke api bersama dengan suaminya. Dia merenungkan wujud Tuhan dalam wujud suami yang berbaring di atas tumpukan kayu. Dia kemudian menyalakan api untuk orang mati dan masuk ke dalam api yang meledak. Dia tidak ingin mencintai siapa pun setelah kematian suaminya. Kemuliaan, kemuliaan bagi Gandaki!

Lihat! Seketika Dewa Wisnu muncul di hadapannya. Tidak ada mayat atau pembakaran mayat. Gandaki bersujud di hadapan Tuhan dalam segala cinta dan ketulusan. Tuhan memberkatinya dan berkata, "Kamu adalah yang terbaik dari para bakta saya. Hari ini saya telah melihat kemuliaan Pativrata Dharma Anda. Semoga Anda hidup lama! Semoga Anda memilih anugerah dari saya.

Gandaki berkata, "Ya Tuhan! Aku tidak menginginkan apa pun, tujuan yang ingin dicapai. Apa yang harus kulakukan dengan anugerah, aku tidak menginginkan apa pun." Tuhan masih lebih terkesan dengan pengabdian dan ketidakpuasannya yang terpusat. Dia berkata, "Saya ingin memberi Anda sebuah anugerah. Anda harus menerima sesuatu dari saya. Katakan apa yang Anda inginkan. Jangan menunda lagi." Gandaki menjawab, "Bhagavà! Aku diberkati tiga kali. Semoga Engkau senang hidup di pangkuanku dan membuatku bahagia selamanya. Aku tidak menginginkan anugerah lain". Sang Bhagavā berkata, "Baiklah. Kamu akan menjadi sungai di Nepal dan akan dikenal dengan nama 'Gandaki', aku akan pernah berdiam di pangkuanmu dalam bentuk Saligrama." Mengatakan ini Tuhan segera menghilang.

Bahkan hari ini Saligrama Dewa Wisnu terlihat di tepi sungai Gandaki di Nepal. Demikianlah asal mula sungai Gandaki, Glory ke Pativrata Dharma! Kemuliaan bagi Pativratas! Semoga India berlimpah di Pativratas dan jiwa-jiwa yang sangat mulia! Semoga mereka menjadi cita-cita kewanitaan bagi India modern, bahkan seluruh dunia!